Ajang Mencari Bakat

Mengenal bakat anak adalah agenda penting yang harus dikerjakan oleh orangtua. Dengan mengenal bakat anak, orangtua bisa membantu anak mengembangkan karier di masa depannya. Bagaimana orang tua dapat mengenal bakat anak?

Mengenal bakat anak adalah persoalan yang paling banyak ditanyakan dalam setiap seminar parenting maupun workshop pengembangan bakat anak. Wajar saja karena banyak orangtua yang belum mengetahui cara mengenal bakat anak yang efektif. Bahkan ketidaktahuan orangtua dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk mendapatkan keuntungan sepihak. Bila anda adalah orang tua yang peduli dan ingin belajar, maka sudah selayaknya anda membaca artikel ini hingga tuntas kemudian mempraktekkannya. Bila bingung, silahkan bergabung di Grup Facebook Pengembangan Bakat Anak.

Bakat anak sebenarnya tidak bisa diketahui persisnya, kita hanya bisa mengetahui potensi bakat anak. Mengapa? Bakat menurut Howard Gardner adalah aktivitas teratur yang dihargai masyarakat dan dapat dinilai berdasakan tingkat keahliannya. Contoh, menggambar adalah aktivitas yang bisa disebut bakat ketika aktivitas menggambar tersebut dihargai oleh masyarakat, seperti kesempatan mengikuti pameran atau hasil menggambarnya dibeli. Jadi kita baru mengenali bakat anak yang sebenarnya ketika suatu aktivitas anak dihargai oleh masyarakat. (Baca: Inilah Pengertian Bakat Anak yang Harus Dipahami Orangtua)

A. Stimulasi anak untuk melakukan eksplorasi

Pancing ketertarikan anak untuk melakukan suatu aktivitas, dan jangan langsung memberi perintah. Apabila anak bertanya, jelaskan seperlunya. Sebagaimana tugas perkembangan bakat pertama, anak perlu mencoba berbagai aktivitas dari keseluruhan ragam kecerdasan majemuk. Baca 16 Aktivitas Kecerdasan Majemuk untuk Mengenal Bakat Anak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *